Mengapa Orang Dewasa yang Lebih Tua Memiliki Sistem Kekebalan yang Lebih Lemah?

Apa Penyebab Imunitas pada Lansia Melemah?

Sistem kekebalan yang kuat dapat melindungi dari penyakit. Namun, orang dewasa yang lebih tua lebih rentan terhadap berbagai masalah seperti infeksi karena sistem kekebalan yang melemah.  Untuk mempelajari apa yang menyebabkan manula memiliki sistem kekebalan yang lemah dan apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi setiap masalah.

Kondisi kesehatan

Lansia yang hidup dengan kondisi seperti kanker, penyakit ginjal, dan diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk fungsi kekebalan yang buruk, membuat mereka lebih rentan terhadap masalah kesehatan. Salah satu hal yang dilakukan untuk menambah sistem kekebalan tubuh pada langsia adalah memberikan vaksin untuk lansia. Serta dorong orang tua yang Anda cintai untuk mengadopsi pilihan gaya hidup sehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalannya dan mengarah pada kualitas hidup yang lebih baik. Misalnya, makan sehat dan tetap aktif secara fisik dapat mengurangi risiko kondisi kesehatan yang merusak sistem kekebalan tubuh, seperti diabetes. Akibatnya, orang yang Anda cintai dapat meningkatkan umur panjang dan meningkatkan kesejahteraannya secara keseluruhan.

Penuaan

Dengan bertambahnya usia, sistem kekebalan mengalami kesulitan membedakan antigen asing, menempatkan manula pada risiko yang lebih tinggi untuk gangguan autoimun. Ini karena sel T membutuhkan waktu lebih lama untuk merespon antigen, dan tubuh lansia menghasilkan protein komplemen dalam jumlah yang lebih kecil. Ketika ini terjadi, sistem kekebalan tubuh mengalami kesulitan merespons infeksi bakteri, meningkatkan risiko pilek, flu, dan radang paru-paru. Meskipun tubuh terus memproduksi antibodi yang cukup untuk merespon antigen, penuaan mencegah antibodi menempel pada zat. Ada berbagai kondisi kesehatan terkait usia yang dapat membuat lansia lebih sulit untuk hidup mandiri. Namun, banyak tantangan yang mereka hadapi dapat lebih mudah diatasi jika keluarga mereka memilih perawatan profesional di rumah. Anda dapat mengandalkan pengasuh terlatih untuk menjaga orang yang Anda cintai tetap aman dan nyaman saat menua.

Obat-obatan

Banyak manula menggunakan banyak obat untuk kondisi kronis, dan resepnya dapat menyebabkan sistem kekebalan mereka melemah. Meskipun sebagian besar obat-obatan diresepkan untuk mengobati rasa sakit, meningkatkan kesehatan mental, atau meringankan gejala yang terkait dengan kondisi seperti demensia, Parkinson, dan radang sendi, efek samping obat dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, menempatkan manula dalam bahaya mengembangkan resistensi terhadap obat tertentu. bakteri dan meningkatkan kemungkinan sakit. Jika obat orang yang Anda cintai memengaruhi sistem kekebalannya, bicarakan dengan dokter perawatan primernya tentang pilihan pengobatan alternatif. Cek juga artikel kesehatan

Isolasi

Ketika orang dewasa yang lebih tua kesepian, mereka cenderung mengalami tingkat kecemasan yang lebih tinggi dan peningkatan produksi kortisol, yang merupakan hormon stres. Kortisol merusak sel T dan mencegahnya melawan infeksi. Kesepian juga dapat meningkatkan stres oksidatif, menyebabkan lebih banyak kerusakan pada tubuh akibat radikal bebas. Anda dapat meningkatkan suasana hati orang yang Anda cintai dengan mendorongnya untuk berinteraksi dengan orang lain, apakah dia menghadiri pertemuan keluarga, bergabung dengan gym lokal, menjadi sukarelawan di komunitas, atau mengadakan malam permainan dan kegiatan untuk teman-teman. Cobalah untuk terhubung dengan orang yang Anda cintai sesering mungkin, bahkan jika Anda hanya mampir ke rumahnya untuk kunjungan singkat atau pergi jalan-jalan mingguan bersama. Mungkin membantu jika Anda juga mempertimbangkan untuk menggunakan layanan perawatan istirahat di rumah untuk memberikan pendampingan kepada orang tua Anda. Perawatan tangguh dapat menjadi solusi yang bagus ketika orang tua mereka membutuhkan persahabatan dan sosialisasi beberapa jam seminggu atau hanya membutuhkan bantuan kecil dengan tugas-tugas rumah tangga sehari-hari.